Rabu, 13 November 2013

Emas Perhiasan Faktor Pendorong Terbesar Yang Mempengaruhi Inflasi (DEDUKTIF)


Emas Perhiasan Faktor Pendorong Terbesar Yang Mempengaruhi Inflasi


Pada bulan agustus menentukan besarnya inflasi mencapai 1.12 persen . inflasi tersebut merupakan inflasi tertinggi, dimana factor pendorong terbesar yang mempengaruhi inflasi agustus yaitu harga emas perhiasan. Hal ini disebabkan karena emas perhiasan dengan andil 0.12 persen perubahan harga 6.11 persen . karena adanya pergerakan harga emas internasional.


Dari 20 komoditas menyebabkan inflasi sudah lebih stabil. Kecuali dua produk, yakni emas dan kedelai yang sempat mengalami krisis beberapa waktu terakhir jika dua komoditas itu mengalami kenaikan harga . bisa merusak potensi penurunan inflasi. Setidaknya, produk pangan seperti bawang merah, bawang putih, cabe, sudah mengalami penurunan. Inflasi bisa rendah dari 1 persen, harus tetap menjaga pasokan. sebab, factor inflasi akibat harga diatur pemerintah sudah tidak ada. sepenuhnya pergerakan harga dipengaruhi komoditas yang fluktuatif.

        
    Bank Indonesia mengindikasi adanya perbaikan inflasi atau besaran kenaikan harga, bahkan, indeks harga konsumen (inflasi ) dipercaya bisa menurun di bawah 1 persen, setelah sempet melonjak tinggi. Daya beli masyarakat akan membaik ke depannya. Sebab, factor yang mengerek harga selama tiga bulan terakhir sudah relative tertangani yakni kenaikan harga bahan bakar minyak(BBM), serta pangan yang fluktuatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar